Kupas Tuntas Contoh Teks Anekdot Beserta Penjelasannya Lengkap { Lucu Dan Menyindir }

Didalam pelajaran bahasa Indonesia banyak sekali jenis teks yang dipelajari. Salah satu jenis teksnya adalah teks anekdot. Teks anekdot biasa digunakan dalam berbagai macam situasi seperti mengkritik orang atau sekedar teks yang dibuat hanya untuk hiburan semata. Anda bisa menemukan contoh teks anekdot dimana saja, mulai di internet, buku pelajaran atau majalah. Anekdot sama seperti teks lainnya yang memiliki ciri-ciri dan struktur tersendiri.

Jika anda ingin membuat sebuah teks anekdot yang benar dan enak dibaca, tentunya anda harus memahami berbagai ciri-ciri dan struktur teks tersebut. Untuk memahami struktur teks anekdot, tentunya anda harus mengetahuinya terlebih dahulu bukan? Anda tidak perlu khawatir karena disini akan dijelaskan beberapa contoh cerita anekdot dan contoh teks anekdot beserta strukturnya.

Penjelasan Tentang Contoh Teks Anekdot Singkat

Dibawah ini akan dijelaskan pengertian anekdot, beberapa contoh teks anekdot yang singkat, contoh teks lucu dan menyindir, contoh anekdot pendidikan dan masih banyak lagi. Lets check it!

A. Pengertian anekdot

Teks anekdot memiliki pengertian yaitu sebuah teks yang memaparkan cerita singkat dan mengandung unsur lucu dan bermaksud untuk menjelaskan sebuah kritikan. Jadi teks anekdot sering dikatakan sebagai suatu teks yang menyindir seseorang. Biasanya teks ini dibuat untuk menyindir kebijakan pemerintah ( Politik ) atau ketidakadilan pemerintah. Namun pada era modern ini teks anekdot juga bisa digunakan untuk menyindir semua orang yang bersalah tidak hanya pemerintah.

B. Ciri-ciri teks anekdot

Dibawah ini akan dijelaskan penjelasan menegnai ciri ciri yang dimiliki anekdot, seperti:

  • Bersifat humor atau lucu artinya teks anekdot berisi tentang kisah-kisah bualan atau lucu.
  • Bersifat untuk menyindir artinya teks anekdot diciptakan semata mata untuk menyindir suatu pihak tertentu seperti orang penting, teman dan masih banyak lagi.
  • Anekdot memiliki tujuan tertentu yang artinya, teks anekdot dibuat dengan tujuan untuk menyadarkan orang yang berbuat kesalahan.

C. Struktur teks anekdot

Seperti teks yang lainnya, anekdot juga memiliki struktur yang akan dijelaskan dibawah ini.

  • Abstraksi : struktur abstraksi terletak pada bagian awal paragraf yang berisikan tentang gambaran dari teks anekdot yang akan dijelaskan.
  • Orientasi : berisikan tentang latar belakang peristiwa yang akan diceritakan didalam teks anekdot.
  • Event : struktur ini berisikan tentang alur peristiwa teks anekdot.
  • Krisis : berisikan tentang munculnya permasalahan yang terjadi didalam anekdot.
  • Koda : berisikan tentang perubahan tokoh yang dijelaskan didalam teks.
  • Reorientasi: Bagian penutup dari peristiwa yang telah diceritakan teks anekdot. 

Contoh teks anekdot singkat

Setelah anda mengetahui pengertian, struktur dan ciri-ciri teks anekdot, kini saatnya anda mengetahui Contoh teks anekdot singkat dan contoh teks anekdot beserta analisisnya yang akan dijelaskan berikut ini.


Suatu hari ada sebuah ibu yang membeli roti di pedagang keliling dengan suatu percakapan sebagai berikut.

Tukang roti : “Bu, mau dibeli rotinya?”

Ibu : “Boleh bang, ada roti apa aja bang?”

Tukang roti : “Ada banyak Bu, silahkan Ibu memilih saja”

Ibu : “ Yang ini rasa apa bang?” sambil menunjuk salah satu roti dipojok kanan

Tukang roti : “Itu nanas Bu”

Ibu : ”Kalo yang ini apa Bang?’ Sambil menunjuk salah satu roti yang berada di tengah

Tukang roti : “Kalau ini stroberi Bu”

Ibu : “Lalu yang ini rasa apa bang?” Sambil menunjuk salah satu roti di pojok kiri

Tukang roti : “Yang itu coklat Bu”

Ibu : “Loh katanya abang jual roti, terus dimana rotinya? Perasaan dari tadi nyebutin nama buah buahan terus. Abang jual roti atau buah buahan ini?”

Tukang roti : *hening sejenak* 😭

Teks anekdot diatas ditujukan untuk menyindir seseorang agar menjelaskan segala sesuatunya dengan jelas agar tidak menimbulkan persepi lain yang berbeda.

Contoh teks anekdot lucu dan menyindir

Contoh teks anekdot menyindir teman yang akan dijelaskan dibawah ini sama dengan contoh teks anekdot sosial. Lets check!


Pada siang hari disuatu sekolah ada dua orang sahabat yang sedang duduk di pinggir lapangan lalu terlibat dalam beberapa percakapan.

Andi : “Bro, aku mau tanya boleh nggak?”

Doni : “Boleh aja ndi, mau tanya apa?”

Andi : “ Don, aku boleh pinjem uang ke kamu nggak?” tanya Andi sambil memelas

Doni : “Emm, boleh aja ndi, emang mau pinjem berapa banyak?”

Andi : “Sebanyak yang kamu pinjem ke aku kemarin Don!”

Doni : *hening* 😂

Teks anekdot diatas berisi tentang Andi yang menyindir Doni untuk segera melunasi hutangnya dengan cara berpura pura meminjam uang yang sama jumlahnya. Menggelitik bukan?

Contoh teks anekdot yang menggunakan bahasa jawa

Dibawah ini akan dijelaskan uraian tentang contoh anekdot bahasa jawa. Check it!


Disuatu pasar ada dua orang teman yang bertemu dan terlibat dalam sebuah percakapan yang sangat singkat namun bermakna.

Bowo : “Ya Allah Jon, kang endi bae sampeyan tak enteni nang umah ora kok ya ora teka teka.”

Jono : “Hehe, apa kabar Wo, anu kie aku lagi sibuk karo kerjaan nang Surabaya dadine ora bisa meng umahmu, ngapurane ya.”

Bowo : “Oalah, emange sampeyan kerja apa nang Surabaya?”

Jono : “Dodolan iwak lele Wo nang pasar Surabaya”

Bowo : “Oala kaya kue, awas ati ati mbok kepaptir Wo tanganmu, hehe”

Jono : “Ya oralah, iwak leleku ora seneng matil wong, ora kaya pemerintah sing seneng metil duite rakyat.”

Bowo : “Hahaha, pancen bener koe Jon”

Teks anekdot diatas menjelaskan tentang percakapan Jono dan Bowo yang menyindir pemerintah yang mengambil uang rakyat atau korupsi.

Contoh teks anekdot pendidikan

Dibawah ini akan dijelaskan Contoh anekdot lucu tentang sekolah yang pastinya menghibur anda.


Pada suatu pagi di dalam kelas, ada seorang ibu guru yang menagih pekerjaan rumah atau PR kepada muridnya. Namun ibu guru tersebut kaget melihat salah satu muridnya yang tidak mengerjakan PR.

Ibu guru : “Adi dimana mengapa kamu diam saja? Kamu melamun yah? Dimana buku PR kamu?”

Adi : “Ini bu buku PR saya” sambil menyodorkan buku PR kepada ibu guru

Ibu guru : “Loh dimana pekerjaan rumah kamu? Kamu belum ngerjain ya?” sambil sedikit kaget melihat buku PR Adi

Adi : “Iya Bu, saya belum ngerjain PR”

Ibu guru : “Dasar anak malas! Kenapa kamu tidak mengerjakan PR semalam?”

Adi : “Kan kemaren kata Bu guru nggak boleh ngerjain dan mikirin pekerjaan lain selain di sekolah bu”

Ibu guru dan teman sekelas lainnya seketika terdiam sesaat. 😲

Teks anekdot diatas termasuk kedalam teks anekdot sosial karena menyindir suatu pihak agar berhati-hati dalam mengatakan dan melakukan segala sesuatunya. Karena hal itu akan menjadi bumerang untuk dirinya sendiri. 

Penjelasan diatas mengenai penjelasan lengkap teks anekdot dan beberapa contoh teks anekdot, semoga bisa dijadikan pengetahuan bagi anda yang belum paham betul apa itu teks anekdot.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kupas Tuntas Contoh Teks Anekdot Beserta Penjelasannya Lengkap { Lucu Dan Menyindir }

0 komentar:

Posting Komentar