Ciri Ciri Hamil Muda 1 Hari Yang Perlu Anda Ketahui

Kehamilan merupakan suatu anugerah luar biasa yang dipercayakan Tuhan kepada wanita dan tidak semua wanita mendapatkan kesempatan untuk hamil. Untuk itu, kehamilan perlu dijaga dengan sebaik-baiknya supaya janin tumbuh normal dan sehat. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri hamil muda 1 hari yang menjadi salah satu perdebatan tanpa pengetahuan secara medis. Jika kebanyakan orang memperdebatkan perubahan wanita ketika dia sedang hamil beberapa bulan memang sangat jelas terlihat namun untuk kehamilan 1 hari perlu diluruskan supaya tidak membingungkan.

Ciri Ciri Hamil Muda 1 hari

Ciri-Ciri Hamil 1 Hari Berdasarkan Catatan Medis

Hamil muda pertama kali pada wanita memang beragam bahkan bisa dibilang setiap wanita memiliki gejala yang berbeda-beda karena hormone yang dihasilkannya juga berbeda. Ada wanita yang mengalami mual pada pagi hari hingga harus dibawa kerumah sakit namun ada pula yang tidak mengalaminya. Perlu diketahui pula bahwa gejala-gejala tersebut tidak dialami oleh wanita pada kehamilannya 1 hari melainkan 3-7 hari setelah pembuahan di dalam rahim. Tanda-tanda kehamilan tersebut dikarenakan perubahan hormonal wanita itu sendiri sehingga dapat dipastikan pada kehamilan 1 hari belum menunjukkan gejala apapun.


A. Proses Terjadinya Kehamilan

Tentunya tidak banyak wanita yang mengetahui terjadinya kehamilan pada dirinya sendiri padalah proses tersebut sangatlah luar biasa. Diperlukan tahap demi tahap untuk membentuk janin didalam rahim. Prosesnya yaitu sel sperma akan masuk kedalam sel telur dengan proses panjang, pertama sperma akan melewati lingkungan asam pada vagina. Selanjutnya melewati lendir serviks lalu berenang sekitar 18 cm dari serviks tersebut menuju rahim dan kearah tuba falopi demi mencapai sel telur. Terakhir, sperma akan menembus dinding luar sel telur yang berikutnya terjadi pembuahan.

B. Cara Memastikan Kehamilan

Kebanyakan wanita memang sering tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil sehingga mereka tidak terlalu memperhatikan perubahan demi perubahan yang terjadi pada dirinya sendiri. Hal tersebut wajar saja, namun ada pula wanita yang ingin segera memiliki buah hati sehingga melakukan tes kehamilan berkali-kali. Sebenarnya ada cara untuk mengecek apakah anda hamil atau tidak sebelum dipastikan melalui dokter dengan ciri ciri hamil muda sebelum telat haid berikut ini:

  • Mengalami mual dan muntah pada pagi hari atau morning sickness.
  • Perubahan hormonal yang mengakibatkan mudah marah.
  • Indra penciuman yang tajam sehingga sensitive terhadap bau tertentu.
  • Kram perut yang dikarenakan telur yang dibuahi menanamkan diri pada rahim.
  • Cenderung mudah mengalami kelelahan.

C. Tanda-tanda kehamilan

Jika anda melakukan program kehamilan, waktu paling cepat untuk mengetahui hamil atau tidaknya adalah sekitar 1 minggu setelah pasangan berhubungan. Biasanya tanda-tandanya bisa mendeteksi kehamilan dengan mudah tanpa harus ke dokter meskipun jika pada tanda kehamilan menunjukkan hasil positif, anda harus melakukan pemeriksaan secara intensif untuk mendapatkan vitamin bagi janin didalam rahim. Berikut merupakan ciri ciri orang hamil 1 minggu setelah berhubungan:

  • Intensitas untuk melakukan buang air kecil karena peredaran darah lebih lancar.
  • Timbulnya bercak darah akibat proses implantasi.
  • Payudara yang bengkak karena hormone estrogen dan progesterone meningkat.
  • Konstipasi ringan akibat hormone yang berfluktuasi.
  • Mood swing akibat perubahan hormonal yang meningkat.

D. Ciri Fisik Wanita Hamil

Perubahan memang dialami oleh semua orang khususnya fisik seperti dari kecil ke besar atau dari muda ke tua begitupun dengan orang yang hamil. Hamil merupakan suatu proses dimana wanita mengandung janin yang akan menjadi buah hatinya. Kehamilan juga merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian pasangan suami istri untuk mendapatkan keturunan. Adapun ciri ciri fisik wanita hamil yang sebaiknya diketahui supaya pada setiap perubahan fisik, anda tidak ketakutan dan disalah artikan.

  • Bentuk tubuh membesar seperti perut, bokong dan paha.
  • Payudara menjadi lebih lembut dan besar karena mempersiapkan untuk menghasilkan ASI.
  • Terjadinya pendarahan ringan/timbul bercak darah akibat proses implantasi.
  • Sering buang air kecil karena ibu hamil memproduksi hormone HCG.
  • Morning sickness yaitu mual dan muntah yang terjadi setiap hari.

E. Cara Menjaga Kehamilan Muda

Semua orang perlu menjaga dirinya sendiri supaya tidak sakit dengan berbagai cara sehat. Hal tersebut juga sangat berlaku bagi wanita yang sedang hamil, karena akan lebih sensitive terhadap berbagai virus yang menyerang. Untuk itu, wanita hamil perlu menjaga dirinya sendiri juga janin yang berada dirahimnya dengan cara-cara berikut ini supaya badan tetap fit dan janin selalu sehat hingga proses persalinan dapat berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

  • Istirahat cukup supaya tidak kelelahan.
  • Makan dan minum yang bernutrisi dan bergizi tinggi.
  • Mengurangi kegiatan yang menguras energy.
  • Olahraga teratur yang aman untuk ibu hamil.
  • Berpikiran positif dan tidak boleh cemas.

F. Makanan dan Minuman Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Adanya janin didalam rahim tentunya menjadikan wanita hamil tidak bolah sembarangan mengonsumsi makanan atau minuman sembarangan. Hal tersebut dikarenakan kandungan dari makanan atau minuman tersebut tidak baik untuk janin dan jika salah makan akan mengakibatkan masalah serius pada janin tersebut. Untuk itu, perhatikanlah asupan nutrisi dan gizi terhadap apapun yang anda konsumsi sebagai cara untuk melindungi dan menyehatkan janin. Berikut makanan dan minuman yang baik untuk ibu hamil muda:

  • Makanan yang mengandung protein seperti telur, kacang kedelai, almond, gandum.
  • Sayuran seperti brokoli, bayam, buncis, tomat, asparagus, wortel, kangkung, kubis.
  • Buah-buahan seperti alpukat, mangga, anggur, jeruk, pisang, apel, leci, lemon.
  • Ikan dengan merkuri rendah seperti salmon, nila, sarden, tiram, udang, lele, tuna. 
  • Minuman seperti susu tanpa lemak, smoothie,jus sayuran, teh hijau, jus buah.

G. Pantangan Makanan dan Minuman Ibu Hamil Muda

Makanan dan minuman yang bervariasi dengan berbagai proses pengolahan untuk menarik minat konsumen sangatlah banyak sekali dipasaran. Untuk itu, anda harus sangat selektif untuk memilih makanan dan minuman tersebut terutama ketika anda sedang hamil supaya tidak mempengaruhi janin didalam rahim anda. berikut ini merupakan makanan dan minuman yang seharusnya dihindari baik ketika hamil maupun tidak karena dapat mempengaruhi kesehatan anda.

  • Mayonnaise karena mengandung telur mentah.
  • Seafood dengan merkuri tinggi seperti kerang.
  • Produk susu tanpa proses pasteurisasi.
  • Daging dan telur yang kurang matang.
  • Junk food dan makanan olahan atau instan.

Dari beberapa informasi diatas, semoga dapat membantu anda memahami bahwa belum ada gejala pasti bahwa hamil 1 hari bisa dilakukan pengecekan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ke dokter jika menemukan hal yang tidak biasanya terjadi pada anda khususnya ketika menjalankan program kehamilan. Namun, meski ciri-ciri hamil muda 1 hari tidak dapat dibuktikan melalui medis maupun tanda atau gejala pada ibu hamil. Sebaiknya tetaplah menjaga kesehatan karena pasangan yang sehat tentu akan mendapatkan keturunan lebih cepat. Selain itu, dengan kesehatan pula dapat dipastikan bahwa anda dan pasangan akan mendapatkan keturunan atau buah hati yang sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ciri Ciri Hamil Muda 1 Hari Yang Perlu Anda Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar