Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Terlengkap!!!

Memelihara dan ternak burung Kenari menurut Vip adalah salah satu hal dan aktivitas yang seru dan menyenangkan. Selain menyenangkan, beternak burung Kenari dapat mendatangkan untung pada anda ketika anakan mulai lahir, tentu ini adalah salah satu hobi yang dapat menguntungkan anda. Tidak terhitung jumlahnya, saat ini banyak sekali orang yang melakukan ternak burung Kenari sebagai lahan bisnis. Kalau anda adalah salah satu diantaranya, Vip akan berbagi cara ternak Kenari untuk anda jadikan sebagai patokan dan referensi di kemudian hari.

Sampai saat ini, prospeknya sangat menjanjikan dan mendatangkan untung bukan main. Bila dihitung hitung, tentu ternak Kenari adalah salah satu lahan bisnis yang masih basah sampai saat ini. Dengan harga yang terbilang stabil, cenderung mempunyai pasaran tetap dan tetap berkembang, tidak ada salahnya anda mencoba melakukan ternak Kenari untuk berbisnis.



Bagi pecinta burung di tanah air Indonesia, burung Kenari adalah salah satu burung favorit yang menjadi pilihan banyak orang. Burung Kenari adalah salah satu burung pemakan biji bijian, memiliki postur yang relatif kecil, corak yang indah, kicauan yang merdu dan sangat menyenangkan hati sang pemilik. Bukan hanya itu, burung Kenari adalah salah satu burung yang sering dilombakan, lho!

Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Terlengkap

Cara Beternak Kenari Untuk Pemula Terlengkap


Untuk Pemula, ada baiknya memulai ternak Kenari jenis lokal dan kecil lebih dulu. Kenapa? Karena relatif lebih mudah dan gampang perawatannya. Setelahnya, ketika anda sudah berhasil dan tidak menemui kendala, anda boleh mencoba untuk ternak burung Kenari yang lebih besar seperti Yorkshire dan lainnya.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan perihal cara ternak kenari yang baik tentunya, beberapa langkah perlu anda cermati, antara lain:

  1. Dapat membedakan jenis kelamin burung Kenari
  2. Mengetahui usia dan kesiapan burung Kenari
  3. Memperhatikan media sangkar burung Kenari dan sarana lainnya
  4. Penjodohan burung Kenari
  5. Menyatukan atau mengawinkan burung Kenari jantan dan betina
  6. Pengeraman burung Kenari
  7. Penetasan dan panen burung Kenari

Proses di atas atau langkah di atas perlu anda pahami dengan baik demi ternak Kenari yang baik dan menguntungkan untuk diri anda. Mari kita bahas lebih lanjut poin poin di atas, yuk!

Cara Ternak Kenari Yang Baik


1. Dapat Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari

Cara Ternak Kenari Yang Baik

Sebagai calon peternak, hal ini perlu anda pahami dengan betul. Beberapa ciri dan tips di bawah dapat anda gunakan untuk membedakan jenis kelamin pada burung Kenari dewasa.

Ciri Burung Kenari Jantan:

  • Kloaka atau duburnya menonjol, tegak lurus dan vertikal
  • Bunyinya ngerol dan nyaring
  • Bodi tubuhnya lebih ramping memanjang, leher juga lebih panjang

Ciri Burung Kenari Betina:
  • Kloaka atau dubur tidak menonjol, lebih datar
  • Bunyinya tidak nyaring
  • Bodi tubuhnya lebih pendek dan bulat, leher juga lebih pendek

2. Mengetahui Usia dan Kesiapan Burung Kenari

Usia ternak pada Kenari betina yang ideal adalah 6 bulan, sedangkan pada Kenari jantan, usia ideal untuk di ternak adalah 8 bulan. Tips untuk anda, sebaiknya ketika melakukan ternak usahakan burung Kenari dalam keadaan birahi agar kawin dengan mudah.

Ciri birahi pada Kenari jantan adalah suaranya yang gacor, berisik dan nyaring. Sedangkan pada Kenari betina, suaranya mencuit seakan sedang memanggil pejantan.

3. Memperhatikan Media Sangkar Burung Kenari dan Sarana Lainnya

Ketika memilih kandang atau sangkar, gunakan sangkar yang tepat dan pas untuk Kenari. Usahakan memilih sangkar yang terdapat sekat pada bagian tengah agar mempermudah proses penjodohan.

4. Penjodohan Burung Kenari

Ketika memasuki proses penjodohan burung Kenari, ada beberapa tips dari Vip tentang mengenali ciri apakah burung Kenari betina dan jantan tersebut jodoh, antara lain:

  1. Kenari jantan akan meloloh sewaktu betina jauh dari sangkar.
  2. Kenari jantan akan berbunyi keras yang dilakukan untuk merayu Kenari betina, sedangkan Kenari betina akan mengelepekan sayap dan menungging beberapa waktu.
  3. Kedua Kenari akur.

5. Menyatukan dan Mengawinkan Burung Kenari Jantan dan Betina

Ketika sudah terlihat kedua Kenari berjodoh, saling menyukai terlihat dari ciri diatas, segera satukan kedua Kenari pada satu sangkar.

6. Pengeraman Burung Kenari

Ketika memasuki proses pengeraman, ada baiknya anda memisahkan kenari Jantan ke sangkar yang lain. Tujuannya adalah agar betina tidak terganggu ketika proses pengeraman dalam sangkar. Tetapi, ketika anda hanya mengawinkan atau menjodohkan satu Kenari saja, ada baiknya jantan tetap disatukan dengan Kenari betina.

7. Penetasan dan Panen Burung Kenari

Ketika sudah memasuki kurang lebih kurun waktu 14 hari, telur Kenari akan menetas dan menjadi telur telur yang lucu bentuk fisiknya. Selamat, ya, anda sudah berhasil menerapkan cara ternak Kenari yang baik dan benar, lho!

Yap, beberapa langkah di atas adalah anjuran Vip perihal cara ternak Kenari yang sesuai dengan panduan panduan dan buku yang ada. Mudah, bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Terlengkap!!!

0 komentar:

Posting Komentar