Cara Menanam Hidroponik Sederhana - Cocok Untuk Pemula Di Rumah

Tanaman hidroponik saat ini ditanam bukan hanya demi budidaya dan mencari keuntungan semata. Sekarang ini, tidak sedikit orang yang menjadikan bertanam hidroponik sebagai hobi demi memuaskan hasrat. Manakah anda? Menjadikan tanaman hidroponik sebagai budidaya atau hobi? Artikel ini Vip khususkan untuk keduanya, cara menanam hidroponik sederhana ini akan sangat membantu anda perihal bertanam hidroponik dirumah.


Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Tertarik dengan topik pembahasan ini? Kalau begitu, anda harus menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

Sebelum mebahas keseluruhan tentang cara bertanam hidropinik dengan sederhana, ada baiknya kita mempelajari studi paling dasar perihal tanaman. Sama halnya seperti makhluk hidup lainnya, ada beberapa dasar yang dijadikan sebagai syarat untuk makhluk hidup bertahan dalam kerasnya dunia; air, cahaya matahari, nutrisi dan media tumbuh.

Untuk tanaman hidroponik sendiri, awalnya terinspirasi dari eceng gondok. Yap, eceng gondok!

Hidroponik adalah perkembangan dari eceng gondok yang dapat hidup tanpa inang atau media tanah layaknya tumbuhan yang lain. Dengannya, dikembangkan pula teknik bercocok tanam hidroponik setelahnya.

Cara Bertanam Hidroponik Dengan Sederhana


Ada beberapa langkah untuk cara menanam hidroponik sederhana yang bisa anda lakukan sendirian di rumah. Beberapa langkah dan cara di bawah ini adalah wajib hukumnya bagi anda mempraktekannya dengan baik dan benar. Kenapa? Karena ketika anda melakukan penanaman tanaman dengan hidroponik, tidak bisa ada kesalahan kecil yang bisa ditoleril.

1. Penyiapan Benih Tanaman - Teknik Hidroponik Pertama

Sama halnya seperti tanaman lain,untuk mendapat benih, anda bisa melakukannya dengan dua cara, yang pertama adalah membuatnya sendiri, yang kedua adalah membelinya.

Vip menyarankan, lebih baik membelinya untuk mempercepat proses dan teknik selanjutnya untuk melakukan penanaman ala hidroponik.

Vip menganggap, dalam poin ini anda sudah mempunyai bibit tanaman hidroponik. Langkah selanjutnya adalah menyemai benih. Untuk menyemai, Vip sarankan menggunakan media Rockwool. Kenapa Rockwool? Karena sangat praktis, memiliki daya serap air yang tinggi dan juga steril. Anda juga bisa membeli Rockwool ketika anda membeli bibit tanaman hidroponik.

2. Penyiapan Media Tanam - Teknik Hidroponik Kedua

Selalu gunakan media tanam yang poros, anda bisa menggunakan campuran sekam bakar, campuran rockwool dan pasir kerikil ataupun juga bisa menggunakan sabut kelapa. Selalu tempatkan media tanam di wadah yang anda inginkan seperti kaleng bekas ataupun pot. Ketika benih telah cukup umurnya, pindahkan ke media tanam anda

Berikut adalah kriteria media tanam yang Vip rekomendasikan karena sangat baik kualitasnya.

  • tidak mempengaruhi larutan nutrisi 
  • tidak menyumbat sistem pengairan 
  • mempunyai pori pori yang baik 

Semua media tanam sebenarnya sama baiknya, sama sama mempunyai keunggulan masing masing. Pada umumnya, menggunakan media tanam rockwool adalah yang paling sering Vip temukan.

3. Pemberian Nutrisi Tanaman - Teknik Hidroponik Ketiga

Karena tanaman hidroponik tidak menggunakan tanah, nutrisi yang paling dibutuhkan adalah larutan air. Nutrisi yang dibutuhkan sangat penting untuk tanaman hidroponik, karenanya setiap nutrisi harus diukur dosisnya dan presisi antara unsur makro dan mikro supaya pertumbuhan dan perkembangan tanaman berlangsung baik. Sealu gunakan nutrisi yang tepat untuk jenis tanaman.

Bagaimana menemukan nutrisiyang tepat? Anda bisa meraciknya ataupun membeli nutrisi khusus hidroponik. Sedangkan untuk pemberian nutrisi, sistem manual dengan cara menyiramnya setiap pagi dan sore hari adalah yang Vip anjurkan. Jika ingin lebih praktislagi, anda bisa menggunakan sistem sumbu atau wick. Teknik ini adalah yang paling sederhana dan dapat anda lakukan juga di rumah.

4. Perawatan Tanaman Hidroponik - Teknik Hidroponik Keempat

Pada dasarnya, perawatan pada tanaman hidroponik tidak berbeda jauh dengan perawatan tanaman konvensional. Perihal dosis nutrisi, itu adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan.

Cara menanam hidroponik sederhana di atas adalah penjabaran Vip yang bisa anda praktekan dan menjadi referensi serta acuan untuk melakukan penanaman tanaman hidroponik di rumah. Langkah di atas adalah penjabaran Vip yang dilakukan dengan sederhana, simpel dan padat. Jadi, anda tidak perlu lagi bingung dengan istilah aneh ketika membaca informasi perihal tanaman hidroponik.

Semoga penjabaran Vip memudahkan anda dan memperkuat keyakinan anda untuk memulai hobi baru atau budidaya baru, yakni tanaman hidroponik.

Bila ada kebingungan perihal cara menanam hidroponik sederhana di atas, tak perlu ragu untuk komentar dan bertanya hal yang anda bingungkan. Setuju?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menanam Hidroponik Sederhana - Cocok Untuk Pemula Di Rumah

0 komentar:

Posting Komentar